Ragam Seni Dan Budaya Indonesia

Awanzo
K aya akan ragam seni budaya sudah semestinya Indonesia berbangga, maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menjaga ragam seni budaya yang ada di Indonesia ini.
Karena kalau bukan kita sendiri, siapa lagi...? Juga tidak lupa mari kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Tuhan Maha Esa yang telah memberi kesehatan dan keselamatan pada kita sebagai masyarakat yang memiliki cipta rasa tinggi dan sebagai negara yang berbudi luhur. Sebagai mana yang telah dikaruniakannya kepada masyarakat kita, yaitu sebuah daya kreatifitas tinggi yang diciptakan mulai dari nenek moyang kita hingga generasi muda sekarang. Telah banyak berbagai adat istiadat serta ragam seni budaya yang menjadikan bangsa ini memiliki kekayaan atribut serta kepribadian istimewa dimuka dunia.

Jadi tidak mustahil jika banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam seni budaya yang dimiliki bangsa Indonesia ini selalu dilirik oleh bangsa lain.

Berbicara masalah ragam seni budaya Indonesia pasti tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat begitu banyaknya ragam seni budaya yang terdapat mulai dari Sabang sampai Merauke pulau-pulau di Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa yang semuanya memiliki ragam seni budaya masing. Tapi semua terangkum menjadi satu yaitu sebuah ragam seni budaya yang ber- BINEKA TUNGGAL IKA dengan menunjukkan adat ketimuran dan berazaskan Pancasila.

Dalam pembahasan ragam seni budaya memiliki pengertian sebagai berikut untuk Seni budaya berasal dari dua suku kata Seni - Budaya. Untukkata Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.


Secara devinisi budaya dapat di artikan sebegai tata cara hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat, dan di wariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Sedangkan Seni adalah ide atau gagasan proses dari sebuah pemikiran manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dan sebuah cipta rasa manusia dalam kreatifitas.

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, disebab masing-masing individu manusia mempunyai cita rasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.


Beberapa para ahli devinisi mengartikan bahwa seni merupakan sebuah aktifitas dalam perbuatan yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat memberi kepuasan tersendiri dalam jiwa suatu manusia.

Sebuah seni juga bisa kita gambarkan dari sebuah penjiwaan yang dalam, dan berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.

Terkadang seseorang berhasrat membeli sebuah Lukisan Leonardo davinci yang dengan harga mahal walaupun kita sendiri menilai bahwa lukisan tersebut terkesan biasa-biasa saja. Tapi taukah kita jika hasil lukisan yang kita maksud tadi mempunyai arti yang membuat jiwa orang yang berhasrat untuk membeli itu puas, menyenangkan, dan terkandung makna yang mendalam saat menghayati arti goresan kuas pada lukisan tersebut.

Jadi seni budaya adalah merupakan hasil suatu buah karya yang indah dari dan oleh buah pikir para nenek moyang pada zaman dahulu yang memiliki pakem atau pedoman yang terjadi pada suatu masyarakat tertentu. Seperti contoh adat dan seni budaya yang ada di Jawa tidak akan sama dengan adat budaya yang ada di Bali atau daerah-daerah lain Indonesia.

Dan sebagaimana negara kita dengan semboyan Binekha Tunggal Ika, akan selalu menjadi negara yang menjaga kekayaan ragam seni budaya sebagai warisan berharga dari nenek moyang ini Menjadi satu kesatuan .

Seperti yang dikemukakan diatas bahwa banyak negara lain yang melirik dan kagum akan adat serta ragam seni budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Mereka para wisatawan asing akan merasa bangga dan kagum saat dan setelah berkunjung dibumi pertiwi Indonesia, banyak diantara mereka menceritakan pada rekan-rekan mereka di negaranya masing-masing akan pesona Cakrawala bumi Indonesia.


Seperti contoh kita bisa lihat para turis asing, para mahasiswa mancanegara yang berkunjung dan menimba ilmu seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Betapa tingginya nilai ragam seni budaya negeri kita, ragam seni budaya warisan leluhur dan bukan hasil pemberian negara lain. Pernah kita mendengar banyak para mahasiswa asing yang belajar di Indonesia seperti belajar Kesenian Wayang Kulit, mengunjungi serta antusias dalam sebuah pertunjukan Reog Ponorogo, tidak itu saja mereka juga gemar memainkan Gamelan dan alat musik tradisional lainya.

Dan ternyata seni budaya yang kita bangakan dan wajib lestarikan ini di gelar di Indonesia saja. Pernah sebuah pegalaran kesenian wayang kulit yang gelar di Jerman

Ini membuktikan bahwa seni budaya kita mempunyai tempat tersendiri di hati bangsa lain. Aset yang berharga bagi keharuman nama bangsa

Inilah sebuah momen yang tepat bagi kita untuk bahu membahu bergandeng tangan, untuk saling menjaga seni budaya bangsa sendiri dari pada budaya bangsa lain. Mari kita mulai dari sekarang, mumpung belum terlambat. Melalui pembahasan ini kita galangkan rasa cinta terhadap ragam seni budaya Indonesia agar tidak punah dan hilang di telan masa.