Ada Ayam Beranak Tanpa Bertelur

Awanzo Blogs

Jika pada umumnya ayam betina berkembang biak dengan cara bertelur, tapi tidak untuk se-ekor ayam yang satu ini. Berita aneh dan unik ini sontak membawa beberapa pertanyaan bagi yang mendengarnya. Pertama adakah hal-hal yang tidak wajar seperti ini timbul akibat gangguan dari dunia lain, atau hal ini memang prosesnya alami tapi tidak mendapatkan kelainan yang semuanya sudah ada dalam ilmu biologi ?, seperti berita tentang seekor ayam yang berkembang biak secara beranak tapi tidak bertelur ini.

Berdasarkan pengakuan dari seorang pemilik ayam yang tinggal di kawasan pegunungan Sri Lanka, Ranjith Ekanayake mengatakan bahwa dari enam ayamnya, satu ekor diantaranya tidak mengeram telur.Ekanayake kemudian terkejut ketika ayam itu mengeluarkan anak dalam bentuk utuh tanpa telur. Anak ayam itu tumbuh sehat namun induknya mati. Pejabat peternakan pemerintah Sri Lanka mengatakan ia tidak pernah mendengar kejadian seperti itu sebelumnya.

Koran-koran setempat memberitakan bahwa menurut pejabat peternakan yang sedang memeriksa kotoran induk ayam mengatakan, "telur ayam berkembang di dalam sistem reproduksi ayam betina itu. Di dalam sistem reproduksi induk ayam, telur tersebut mengalami inkubasi selama 21 hari dan menetas sebelum keluar dari induknya. Namun ayam betina itu mati karena pendarahan internal". Surat kabar Daily Mirror, Sri Lanka, dalam judul berita utamanya menyebutkan,"Ayam yang keluar lebih dahulu, bukan telur.

sumber :

liputan6.com