Pengertian CSS

Apa itu CSS...?

Sebentar Sob....,Sebernya untuk awan sendiri juga masih newbie untuk berbicara dalam hal-hal yang berbau bahasa pemrograman salah satunya CSS ini. Tapi tidak apalah itung-itung "Menyelam Sambil Minum Air" hasilnya perut jadi kembung....Hehehe.....
Bukan itu Sob...Tadi hanya bercanda. Yang benar inti dari awan membuat artikel tentang CSS ini adalah pertama sebagai pengingat buat awan sendiri untuk mudahkan dalam belajar CSS, kedua membagi ilmu yang baru awan dapat kepada semua sobat setia Awanzo Blogs jadi diantara awan dan sobat semua bisa sama tahu dan sama belajar tentang apa itu CSS.

Okey...Kita kembali lagi pada pembahasan tentang CSS. Yang dimaksud dengan CSS (Cascading Style Sheet) adalah sebuah bahasa pemograman yang digunakan dalam membuat tampilan serta mendisain tata letak halaman web yang bersifat embebed pada tag Html, dengan kata lain CSS sifatnya menempel atau melekat pada Html.

Sebagai misal bisa dilihat Seperti contoh berikut ini :

<h1 class=”header”>Pengantar</h1>

Dengan menggunakan CSS ini, kita bisa mengontrol/mengatur seluruh tampilan halaman web hanya dengan sebuah dokument CSS, biasan ekstensi untuk file CSS adalah .css (dot css).


Selain itu, CSS juga dapat menggantikan fungsi dari tabel serta dapat meminimalkan ukuran file HTML dan memiliki efek positif dalam fast load template yang kita gunakan sehingga cocok untuk strategi SE0 fraindly pada web ataupun blog sobat.

Bandingkan jika Sobat membuat sebuah kotak dengan tabel dan CSS jauh lebih efesien yang mana...?


Sebagai contoh dalam membuat sebuah tabel dengan satu kolom dan satu buah baris :

* Contoh dengan menggunakan Table

<table border=0px cellpadding=0px cellspacing=0px> <tr> <td> Content Box </td> </tr> </table>

* Contoh dengan menggunakan CSS

<div class="box"/> Content Box </div>

Dari contoh diatas bisa sobat bandingkan penggunaan kode CSS lebih simpel dan tidak sepanjang jika kita menggunakan table.

Pada perkembangannya CSS sudah masuk lelvel 3 untuk sekarang, dimana dimulai CSS level 1 atau yang sering di sebut CSS aja, kemudian level 2 yang merupakan penyempurnaan dari CSS level sebelumnya, yaitu CSS level 1.

CSS merupakan alternatif bahasa pemrograman web masa yang akan datang, dimana mempunyai banyak keuntungan, diantaranya :


- Ukuran file lebih kecil

- Load file lebih cepat

- Dapat berkolaborasi dengan JavaScript

- Pasangan setia XHTML

- Menghemat pekerjaan tentunya, dimana hanya membuat 1 halaman CSS.

- Mudah mengganti-ganti tampilan dengan hanya merubah file CSS nya saja

- Dan banyak lagi yang lainnya.

Buat para sobat Awanzo Blogs sekiranya sekian dulu artikel tentang pengertian CSS yang Awan bagikan. Harapannya semoga ini bisa bermanfaat buat sobat semua.