Rute Medan-Manado, Absolute Revo Hanya Ganti Satu Komponen

Awanzo Blogs
Jalan berbatu yang rawan longsor kerap ditemui di Trans Sulawesi



Menorehkan dua rekor yang diakui Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) bukanlah hal mudah. Namun 10 Honda Absolute Revo yang digunakan dalam Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo 2012 berhasil melakukannya dengan kondisi tetap tangguh kendati dipakai melibas beragam kondisi jalan dan cuaca.

Pada rekor yang pertama, Absolute Revo berhasil terus menyala non stop sepanjang perjalanan turing dari Medan sampai Surabaya. Meski perjalanan berhenti dan riders istirahat, mesin tetap menyala.Hasilnya rekor turing dengan motor menyala 341 jam non stop pun terpecahkan.

Rekor kedua adalah pencapaian turing dengan jarak terjauh di Indonesia. 10 motor ini menempuh 6.688 km dari Medan sampai Manado lewat pulau Jawa. Sepanjang perjalanan, Honda Absolute Revo harus melayani 60 rider dengan karakter berkendara yang berbeda. Ada yang cara bawa motornya halus, ada juga yang agresif.

Absolute Revo juga harus melewati jalanan yang ekstreem. Dari tanjakan, kelokan tajam hingga jalanan rusak parah serta kondisi cuaca yang tidak menentu. Di beberapa wilayah Trans Sulawesi banyak jalanan longsor dengan lintasan dipenuhi batu. Cuaca yang panas terik dan sering kali harus berkendara dalam kondisi hujan, mengharuskan mesin bekerja lebih keras.

Menjalani tugas berat ini, sewajarnya ada banyak komponen yang diganti. Khususnya fast moving seperti rantai, ban atau kampas rem. Tapi kenyataanya hanya ada satu komponen yang diganti selama perjalanan.


"Kita sempat ganti ban salah satu motor. Itu juga karena ban pecah saat melintasi jalanan rusak di Trans Sulawesi," beber Judhy Goutama, Senior Manager Brand Activation Department PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengawal rombongan dari Medan sampai Manado. "Selebihnya belum ada yang diganti," yakin Judhi.

Artinya, turing ini memang benar-benar membuktikan ketangguhan Honda Absolute Revo. Durabilitas mesin EFT (Efficient& Low Friction Technology) 4-tak 110 cc nya ini memang bisa diandalkan.

Sumber :

http://m.otomotifnet.com/