Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (Search Engine Optimization)

Awanzo Blogs

Pengertiaan SEO (Search Engine Optimization) atau Kiat Belajar dan Pengenalan Dasar SE0.
Pengertian, Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization/ Pengoptimalan mesin pencari).

Tapi sebelum kita melangkah ke Tahap pengertian, saya kira tidak ada salahnya jika anda membaca kiat dalam belajar SEO. Apa tujuan saya untuk menulis Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization) ini ?, mungkin penjelasan berikut ini bisa menjadi jawaban yang saya rasa tepat untuk menulis Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization) ini.

"Jika anda membaca sebuah buku, pastilah anda pernah melihat kata pengantar pada bagian awal buku yang didalamnya berisi tentang tujuan awal dari seorang penulis buku tersebut.
Sekarang apa hubungannya dengan yang dimaksud Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization) yang saya buat ini ? Jawabannya, tujuan dari Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization) dengan kata pengantar? Jawabannya saya rasa sama antrara kiat belajar SEO dengan kata pengantar yang ada pada sebuah buku, yaitu sama-sama mengulas tujuan awal dalam pembelajaran". Dimana kiat belajar adalah tujuan awal dari hal-hal yang akan dilakukan seseorang dalam mencapai sesuatu keinginan.
Mungkin yang pertama adalah tahu tujuannya, dan yang berikutnya mencoba untuk bisa mengerjakannya, dst.
Oleh sebab itu saya rasa Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization) adalah langkah awal dalam memahami SEO dan mengerjakannya untuk membangun blog/web yang lebih sempurna.

Tapi sebelumnya saya mohon maaf, yan perlu anda ketahui bahwa, meskipun saya mebuat kiat belajar SEO ini bukan berarti saya sudah paham betul dan pandai dalam hal mengenai SEO. Lain dari pada itu, saya sengaja buat artikel ini sebagai media sharing dan belajar berbagi pengalaman kepada anda Sahabat semua.
Jadi inti dari kelengkapan sebuah artikel amburadul yang telah saya buat ini, adalah adanya kritik dan saran berharga dari anda....Kawan !

Okey...dari pada panjang lebar and ngelantur kemana-mana terus gak kelar-kelar, mendingan kita langsung saja menuju ke-tentang:

Kiat Belajar SEO

Sudah adakah kiat anda untuk belajar SEO, dan Sudah meningkatkah traffic blog anda ?

belajar SEO. Yang maksud, dan harapkan seseorang dalam melakukan SEO pada blog/web, adalah mengoptimalkan blog/web pada suatu mesin pencarian, dan ramai akan pengunjung. Tapi membuat blog yang ramai pengunjung dan berada di top pencarian itu tidak semudah membalikan telapak tangan, yang sekali gerakan saja sudah selesai. Butuh waktu dan kerja keras dalam menuai hasil dan tujuan yang diharapkan, kadang kegagalan sering terjadi dan membuat kita jengkel, jengah melihat blog yang tiap hari sepi akan visitor.

Mungkin itulah gambaran yang sering dialami termasuk saya, dan itu sendiri yang membuat tidak sedikit diantara kita para Sobat blogger harus rela dan putus asa terhadap kegagalan dari kendala dan kesulitannya.
Kadang kendala yang biasa dialami adalah bingung dengan cara dan sistemnya, atau sudah pernah mencoba tapi tetap gagal, dll.

Berdasarkan yang pernah saya alami tentang belajar mempraktekkan SEO ini ialah, Banyaknya cara dengan proses yang berbeda. Sebagai misal seperti ini, terkadang kita pernah mendengar sesuatu yang mengandung kata-kata SEO/Belajar SEO, dimana blog-blog sahabat dan juga para blog master yang mengemukakan sistem dan cara membuat optimasi blog agar mudah diindex dalam mesin pencarian. Tapi dari situ kita merasa bingung dikarenakan dari tutorialnya atau prosesnya optimasinya dikarenakan berbeda dari yang pernah kita ketahui, sehingga dari perbedaan disetiap tutorial dan cara yang kita baca menimbulkan rasa enggan bagi kita dalam belajar SEO, apalagi mencoba semampunya.
Sampai-sampai terkadang sebuah pertanyaan pun muncul dalam hati kita, "Seperti apa sih pentingnya SEO, dan apa perlunya belajar SEO ?, jika antara blog satu dengan blog yang lainnya memberikan pendapat yang berbeda...".

Heemz...Tenang Sob !
Untuk yang ini anda perlu sabar, semua masalah pasti ada solusinya...!

Demikian ini ada sedikit solusi yang mungkin bisa memberikan kiat dan memecahkan masalah dalam diri anda untuk memulai belajar dan menerapkan SEO pada blog/web anda....

Pertama : lakukanlah SEO bagi blog semampu yang kita bisa, Tapi tetap mengikuti panduan yang bisa kita peroleh dari tutorial blog master atau blog sahabat yang lain.

Kedua : apabila kita mencoba untuk blogwalking atau sekedar mencari info ke blog sahabat yang memberikan pengertian masalah SEO, baik entah itu tentang cara agar blog SEO di Search Engine, trik dan trik SEO, atau apa saja yang masih berhubungan dengan SEO, tapi dengan proses yang berbeda dari yang kita ketahui. Maka disarankan yang itu jangan jadikan beban, karena sebenarnya antara semuanya punya tujuan yang sama. Meskipun terkadang caranya berbeda.

Dan seperti yang saya katakan di atas bahwa untuk saya pribadi pun sebenarnya sama, juga masih banyak belajar tentang hal yang berhubungan dengan SEO ini sendiri. Dimana setiap pengalaman yang pernah saya baca tentang pengertian dan cara mengoptimalkan blog/web dengan menggunakan metode SEO ini juga berbeda-beda, jadi jika ketidaksamaan dalam metode pengetrapan cara yang digunakan, itu adalah sesuatu yang wajar.
Jika orang saja bisa ke Roma dengan berbagai banyak cara, kenapa untuk SEO tidak..., bukan begitu?

Untuk kiat belajar SEO yang sekiranya anda cocok, bisa dilihat sebagai berikut:

=> Untuk lebih memantabkan anda dalam belajar adalah percaya diri bahwa anda pasti bisa, dan tidak mudah putus asa. Jika anda pernah melihat blog/web yang memiliki ratusan bahkan ribuan pengunjung perhari itu sebenarnya sama dengan kita, bertahun-tahun mereka bangun, mereka juga pernah sama pernah gagal dan pengalaman pahit yang seperti kita alami ini. Nah, dari sini akan timbul keinginan jika mereka saja bisa kenapa anda tidak?

=> Jika ini masuk dalam kiat sebuah belajar SEO, seringlah kunjungi blog anda sendiri, dan lihat widget visitor yang anda pasang. Nah, sekarang anda sudah pasang widget visitor belum?
Kalau belum ada, anda bisa mendapatkannya di sini. Kalau yang sudah tinggal dilihat sudah ada peningkatan apa belum?, kalau belum ada hasilnya, jangan bosen untuk kembali lagi mencari pengetahuan SEO, dengan cara blogwalking ke blog sahabat yang memuat ulasan tentang SEO.

=> Selalu ingat bahwa karya anda di internet bukan untuk diri sendiri, karena jika tujuan anda membuat sebuah karya dalam media blog/web hanya untuk diri sendiri maka saya anggap salah jika anda belajar SEO. Karena SEO adalah tujuan utama untuk seorang blogger dalam mengoptimalkan hasil buah karyanya untuk bisa di index orang lain diseluruh dunia. Dengan selalu mengingat itu diharapkan anda akan selalu berupaya agar artikel itu tidak hanya nampang diblog anda saja, yang setiap hari cuma anda saja yang tahu.

Nah sekarang baru ketahap pengertian/pengenalan, walaupun sebenarnya tanpa harus dikenalin lagi pun sudah banyak yang tahu tentang SEO. Tapi tak apalah buat tambah-tambah aja.

SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencarian, yang merupakan metode atau proses untuk meningkatkan traffic volume pengujung pada sebuah blog/web yang dilakukan secara sistematis, dengan sebuah harapan agar mendapatkan banyak pengunjung yang berasal dari mesin pencari (search engine) tersebut.

Ini juga Seperti Pengertian seo yang pernah saya baca pada site http://id.wikipedia.org/wiki/SEO
bahwa Seo didefinisikan sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis alamat situs yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Dimana mesin pencari di Internet bisa dikatakan sejenis biro periklanan dalam hal mempromosikan semua halaman dari sebuah web. Karena jika para pengunjung Internet ingin mencari informasi ataupun data, mereka biasanya akan menggunakan bantuan dari sebuah mesin pencari, seperti contohnya: Google , MSN , Yahoo , dll.
Adapun caranya dengan mengetikkan kata kunci terhadap informasi yang mereka cari. Nah, apabila situs web anda senantiasa berada di peringkat tinggi pada hasil pencarian mereka, maka peluang pengunjung menuju ke Web anda akan semakin besar. Dengan begitu pengunjung yang lebih banyak berarti banyak pula peningkatkan peluang bagi perusahaan yang memanfaatkan web sebagai media bisnis mereka. Sebab pengunjung berarti pelanggan dan calon pelanggan, itulah sebabnya kebutuhan atas jasa SEO juga semakin meningkat.

Peluang ini pun di manfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa SEO. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui secara pasti, sehingga SEO selalu menjadi misteri yang sangat menarik untuk di pelajari. Algoritma dan mekanisme yang di gunakan olehsuatu mesin pencari tidak bisa diprediksi dengan tepat. Mesin pencari melakukan proses pencarian sebuah web dengan berbagai jenis target, termasuk pencari gambar, pencari lokal dan lain-lain.beberapa mesin pencari yang populer antara lain Google, Yahoo, MSN, Alexa, Microsoft's Live Search.

Belajar SEO :
Kiat Belajar dan Pengenalan SEO (search engine optimization)